Bagi yang sudah menyaksikan film “A Star Is Born” besutan aktor ternama Bradley Cooper, yang turut diperankannya bersama Lady Gaga, tentu familiar dengan lagu “I’ll Never Love Again”. Sebuah lagu ballad yang dibawakan dengan begitu indah namun sarat kesedihan tersebut terdapat di bagian akhir dari film yang dipuji banyak kritikus film. Setelah lagu “Shallow” yang dibawakannya bersama Bradley Cooper mendapatkan treatment video klip dan didapuk sebagai single utama dari soundtrack film tersebut, maka “I’ll Never Love Again” pun mendapat kesempatan yang sama.

Opening scene untuk musik videonya memperlihatkan Gaga, yang berperan sebagai Ally, membuka buku harian milik suaminya, Jackson, yang diperankan oleh Bradley, sembari menunjukkan lirik lagu yang ditulis Bradley secara diam-diam dan tidak pernah dipublikasikan, dimana lirik tersebut merupakan penggalan dari chorus cikal bakal lagu “I’ll Never Love Again”. Dari situ, penggalan scene dari film “A Star Is Born” dimainkan, diselingi dengan penampilan Gaga menyanyikannya dengan penuh sendu dengan berlatar belakang panggung konser dan iringan orkestra. Penggalan scene yang ditampilkan merupakan ragam kebersamaan Ally dan Jackson di sepanjang film. Mengapa begitu? Karena lagu ini merupakan lagu yang dibawakan Ally pada sebuah konser tribute untuk mengenang mendiang suaminya. Penampilan Lady Gaga di sepanjang film ini memang menjadi perbincangan publik, selain aktingnya yang memukau, kemampuan vokalnya pun sangat sempurna. Terutama saat menyanyikan lagu ini, Gaga seakan mengingatkan kita pada penampilan Whitney Houston di masa keemasannya.

Sebuah langkah yang tepat meletakkan “I’ll Never Love Again” di penghujung film. Scene penampilan Lady Gaga merupakan klimaks yang sangat berhasil menggiring emosi penonton hingga berurai air mata. Kita diajak menyelami perasaan Ally yang sangat kehilangan Jackson, hancur dan tidak berdaya secara emosional.

Sedikit hal yang perlu diketahui adalah bahwa lagu ini sarat cerita tersendiri bagi Lady Gaga. Di hari syuting adegan terakhir dari film tersebut dimana Gaga akan menyanyikan lagu tersebut, ia mendapat kabar bahwa teman baiknya bernama Sonja Durham berada dalam kondisi kritis karena kanker stadium 4 yang dideritanya. Mendengar kabar tersebut, Gaga langsung pergi untuk menjenguk temannya. Namun, ia terlambat 10 menit tiba di rumah sakit, dan temannya pun sudah meninggal dunia. Suami Sonja pun menenangkan Gaga dan membujuknya untuk kembali ke lokasi syuting untuk melanjutkan pengambilan scene-nya. Akhirnya Gaga pun kembali ke lokasi syuting, menggunakan pengalaman tersebut sebagai dasar penampilannya, dan berhasil melanjutkan pengambilan gambar dengan sempurna.

Sebuah komposisi musik yang indah dari sebuah film yang mempesona yang dibalut dengan penampilan yang fenomenal dari para pelakonnya. Terbukti dengan gaung nominasi Oscar sebagai buntut apresiasi positif terhadap lagu dan juga filmnya tersebut.