Gavin Wigglesworth, atau yang lebih dikenal dengan Gavin James adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Irlandia, dimana lagunya yang berjudul ‘Bitter Pill’ pernah memenangkan penghargaan Choice Music Prize tahun 2015 untuk kategori Irish Song of the Year.

Setelah merilis album debutnya yang juga berjudul “Bitter Pill” dan cukup sukses di daratan Eropa, penyanyi yang pernah menjadi opening act dari musisi sekelas Ed Sheeran dan Sam Smith ini hadir dengan album terbarunya yang berjudul “Only Ticket Home”, yang baru dirilis pada 26 Oktober 2018 lalu. Berisikan 14 lagu, album yang diproduseri oleh Ollie Green, seorang produser/musisi yang juga rekan Gavin, mencoba menunjukkan sisi vulnerability dari seorang Gavin James yang dirasakan dan dialaminya selama menjalani tour untuk album pertamanya selama 3 tahun tanpa henti. Jauh dari rumah dan kerabat membuat Gavin merasakan kesepian mendalam, namun tetap bersyukur dan penuh semangat dalam menjalani prosesnya.

Ada hal unik saat perilisan “Only Ticket Home”. Gavin James bekerjasama dengan dua orang rekan ilmuwannya menandai hari perilisan dengan mengirimkan 1 unit cd albumnya tersebut ke ANGKASA. Yup, mereka menerbangkannya menggunakan balon angkasa yang juga dipasang kamera perekam hingga mencapai jarak sekitar 50 km dari permukaan atmosfir bumi, dan perjalanannya tersebut memakan waktu sekitar 4 jam lebih! “Kegilaannya” tersebut menyematkan Gavin James sebagai artis pop pertama yang merilis albumnya di angkasa.

Di album terbarunya ini, Gavin berusaha meminimalisir lagu-lagu balada seperti yang banyak terdapat di album perdananya, dengan lebih mengedepankan musik upbeat yang lebih banyak memasukkan elemen perkusi yang riang, riff gitar dengan imbuhan hand-clapping. Gavin menyebutnya dengan istilah happy sad songs.

Tiga buah single telah dirilis dari “Only Ticket Home”. ‘Hearts on Fire’ dan ‘Always’ didaulat menjadi single pertama dan kedua, dan yang terbaru adalah ‘Glow’ yang baru dirilis bulan September 2018 lalu. Sebuah uptempo pop anthem yang dilengkapi dengan hook yang catchy dan infectious tersebut, menjadi highlight dari tone musik yang ditunjukkan untuk keseluruhan album.

Video musiknya pun telah dirilis dan bisa disimak berikut ini.